Template blog merupakan sebuah desain tampilan halaman blog dengan berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa pemograman dan siap pakai. Seperti yang Anda lihat pada blog ini,  di situ terlihat tatanan gambar dan tulisan di layar monitor Anda, inilah yang dinamakan template.

Di Blogger, Anda dapat mengganti template dengan leluasa sesuai selera dan keinginan masing-masing. Bila Anda telah mahir dalam membuat template, Anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog Anda. Namun, bila Anda masih awam, Blogger telah menyediakan beberapa template yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Selain itu, Anda dapat pula mengunduh atau men-download template dari penyedia template Blogger.

Kembali ke bahasan utama, cara mengganti template di Blogger atau Blogspot ada dua macam, yakni mengganti template dengan template yang disediakan oleh Blogger atau mengganti template dengan template yang didapat dari penyedia template Blogger. Berikut ini pembahasannya:


Cara Mengganti Template dengan Template yang Disediakan Blogger

  1. Masuk ke akun Blogger Anda.
  2. Klik Rancangan > Perancang Template.
  3. Klik pada pilihan template yang tersedia. Selain itu, Anda dapat juga mengeditbackground-nya, menyesuaikan lebar template, dan lain sebagainya.
  4. Jika telah cocok, klik tombol APPLY TO BLOG.
  5. Selesai.

Cara Mengganti Template dengan Template dari Penyedia Template

  1. Unduh atau download terlebih dahulu template yang Anda sukai pada situs penyedia template Blogger secara gratis.
  2. File template yang diunduh biasanya masih dalam bentuk terkompresi (.zip atau .rar). Oleh karena itu, Anda perlu mengekstraknya dengan software ekstraktor sepertiWinZip atau WinRar.
  3. File yang nantinya diunggah atau di-upload ke Blogger adalah file yang berekstensi.xml.
  4. Masuk ke akun Blogger Anda.
  5. Klik Rancangan > Edit HTML.
  6. Klik Download Template Lengkap terlebih dahulu, untuk berjaga-jaga kalau-kalau Anda nanti ingin kembali ke template yang lama.
  7. Klik tombol Telusuri untuk mencari file template yang sudah Anda ekstrak tadi (file berekstensi .xml)
  8. Klik tombol Unggah.
  9. Bila muncul peringatan tentang widget, klik tombol PERTAHANKAN WIDGET.
  10. Selesai.

Posting Komentar

Karena berkomentar sebagian dari iman

 
Top