[images+(2).jpg]

Tips untuk mengurangi berat loading blog. Pasti pengunjung kesal ketika membuka blog yang berat trus internet qouta mau habis (Baca: Trik Internet Gratis Semua Operator) mana itu tugas sekolah atau apalah yang penting. dan akhirnya pengunjung pergi. Tidak mau kan seperti itu? nah makanya buat sobat yang suka pasang widget atau banyak gambar, David sarankan pakai cara ini agar blog sobat tidak lama di buka alias cepat terbuka. 

Cara mengkompress CSS ada 2 cara yaitu Cara Manual dan Cara ke dua menggunakan CSS Compressor.


Langkah pertama dengan cara Manual:
Saya ambil sepenggal kode CSS pada blog saya:


a {color: #ffffff;font-size: 12px;text-decoration: none;text-transform:title case;padding: 0px 0px 0px 3px;}
a:visited {color: #ffffff;font-size: 12px;text-decoration: none;text-transform:title case;padding: 0px 0px 0px 3px;}
a:hover {color: #ffffff;text-decoration: none;padding: 0px 0px 0px 3px;}
Setelah di amati, maka dari contoh css diatas ada dua bagian CSS yang sama. Bagian itu adalah properti CSS untuk fungsi a dan fungsi a:visited. Nah kedua properti tersebut dapat disederhanakan dengan menggabungkan nya dengan memberi tanda koma(,). perhatikan kode warna dalam hexa color code #ffffffini bisa di sederhankan menjadi seperti ini #fff. sehingga secara keseluruhan kode CSS tersebut bisa menjadi seperti di bawah ini:

a,a:visited{color:#fff;font-size:12px;text-decoration:none;text-transform:title case;padding:0 0 0 3px}
a:hover{color:#fff;text-decoration:none;padding:0 0 0 3px}


Setelah kode CSS tersebut di kompres, terlihat ada pengurangan spasi di antara kode a,a:visited. berarti kesimpulannya bahwa spasi juga berpengaruh besar terhadap kecepatan loading blog. maka kode diatas masih dapat disederhanakan lagi menjadi
a:hover{color:#fff;text-decoration:none;padding:0 0 0 3px}a,a:visited{color:#fff;font-size:12px;text-decoration:none;text-transform:title case;padding:0 0 0 3px}
Cara di atas adalah cara menual yang bisa sobat lakukan untuk mengkompres kode CSS. Tapi akan memakan waktu yang lama. Tenang saja ada cara yang praktis untuk mengkompres CSS anda dengan menggunakan jasa Tool CSS Compressor. Sebaiknya sobat download dahulu tamplate blog sobat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Langah Kedua menggunakan CSS Compressor:


Nah kalo ini sedikit mudah menggunakannya karena otomatis gitu deh, tapi jangan lupa pesan David di atas download dalu tamplate blog sobat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut caranya:


  • Kunjungi csscompressor.com
  • Berikutnya pada compression mode pilih mode kompresi yang anda inginkan.
  • Kemudian copy lalu paste kode css yang anda kompres ke css input.
  • Kemudian klik Tombol Compress.
  • Di kolom bawah akan ada hasil kompresi. sekarang klik tombol select all kemudian copy paste ke tamplate anda pada CSS yang di kompres tadi.
  • Simpan


Nah coba bandingkan dengan sebelumnya menggunakan Speed Blog Test yang akan saya share mendatang, tapi sobat bisa cari di google dengan keywoard Cara Test Kecepatan Buka Blog atau apalah. Semoga bermanfaat... 

Lihat Juga:

Posting Komentar

Karena berkomentar sebagian dari iman

 
Top