Apa itu Alexa Rank ? sebagian para blogger baru mungkin banyak yang masih bertanya-tanya tentang Alexa rank. Menurut beberapa sumber, Alexa rank itu adalah sebuah peringkat website atau blog yang dibuat oleh Alexa. Dasarnya untuk mengetahui jumlah banyaknya pengunjung website atau blog kita. Sudah banyak yang menggunakan Alexa untuk mengetahui peringkat blog mereka, dari yang peringkatnya masih rendah atau yang sudah tinggi. 

Semakin kecil angka yang tercantum pada Alexa, maka semakin tinggi peringkat blog kita. Jadi dengan dipasangnya Widget Alexa pada blog kita, maka akan semakin mudah kita memantau perkembangan blog kita. Tapi seberapa penting kah Alexa rank terhadap blog kita ? 

Menurut saya pribadi, Alexa rank bisa kita jadikan tolak ukur blog kita untuk mengetahui seberapa terkenalnya blog kita di mata pengunjung. Berarti semakin tinggi Alexa rank blog kita, artinya ada banyak artikel menarik yang selalu dibaca oleh pengunjung. Coba jika sobat, tertarik pada 1 artikel pada sebuah blog, pastinya sobat akan mengingat alamat blog tersebut dan judul artikel yang sobat sukai, dan suatu saat sobat akan kembali membuka halaman dari website / blog tersebut lagi untuk sobat baca kembali isi artikelnya. 

Nah, itu dia maksud dari tulisan saya ini. Intinya sobat harus bisa membuat tulisan atau artikel yang akan mengundang banyak orang untuk membacanya sehingga membuat orang untuk kembali dan kembali lagi untuk mengunjungi website / blog sobat.  

Pasang Alexa Toolbar pada blog sobat yang bisa sobat dapatkan langsung dari Alexa.com, atau bisa langsung mendownloadnya pada link dibawah ini. 


Untuk pengguna Internet Explorer : 




Untuk pengguna Mozilla Firefox : 




Dengan dipasangnya Alexa Toolbar pada browser sobat, maka akan menguntungkan website / blog yang sering kita kunjungi, tapi saya yakin sobat akan lebih sering mengunjungi blog sobat sendiri ketimbang blog orang lain. Tapi terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah buatlah artikel yang jujur, jangan menjiplak dari blog orang lain.  

Sobat juga bisa mendaftarkan blog sobat ke berbagai search engine terkenal, seperti Google, Yahoo dan MSN. Tentang mendaftarkan blog ke berbagai search engine sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya. Bisa juga dengan ikut dalam forum seperti Friendster, Facebook, Myspace, dll sebagai ajang untuk promosi, tapi jangan terlalu sering promosinya karena bisa dianggap Scam. 

Setelah menulis artikel yang bagus, kemudian promosikanlah blog sobat ke berbagai situs iklan gratis, atau bisa memakai layanan yang mengeluarkan kocek sedikit, misalnya pasang iklan di KlikSaya, Kumpulblogger atau kalau mau lebih dahsyat lagi bisa pasang iklan di Google Adword. 

Jika kamu ingin blog kamu Alexanya kecil mungkin bisa coba baca artikel saya tentang Alexa.

Posting Komentar

Karena berkomentar sebagian dari iman

 
Top